Kejar Peningkatan Nilai RB 2024, BKN Selenggarakan Workshop Agen Perubahan dan Innovation Expo 2024
Depok – Humas BKN, Dalam rangka percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) serta expose (memaparkan) inovasi yang dilakukan oleh Kantor Regional maupun Unit/Satuan Kerja di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Biro Perencanaan dan Organisasi (Biro Reno) BKN menggelar Workshop Agen Perubahan dan Innovation Expo BKN Tahun 2024. Bertempat di Hotel Savero, Depok, dan dilaksanakan melalui daring dan luring pada Selasa (05/03), acara dihadiri oleh seluruh agen perubahan di lingkungan BKN, meliputi BKN Pusat dan Kantor Regional BKN. Penyelenggaraan workshop ini ditujukan sebagai sarana untuk mendorong inovasi dan transformasi yang akan dilakukan oleh setiap agen perubahan pada satuan kerja BKN.
Sekretaris Utama BKN, Imas Sukmariah dalam arahannya menyampaikan, pelaksanaan RB di BKN hingga saat ini menunjukkan tren yang positif meskipun masih terdapat beberapa isu strategis serta tantangan yang perlu diselesaikan. “Pelaksanaan RB ke depan diharapkan sejalan dengan cita-cita untuk terus meningkatkan praktik terbaik penyelenggaraan Manajemen ASN dengan terbitnya Undang-Undang No. 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara,” jelas Imas.
Imas menambahkan, berdasarkan hasil evaluasi, Indeks RB BKN tahun 2023 memperoleh nilai sebesar 78,57 dengan predikat “BB”. Nilai tersebut meningkat dari tahun 2022 yang hanya memperoleh nilai 77,29. “Pencapaian ini wajib untuk terus kita tingkatkan melalui penguatan peran setiap unit kerja, Tim RB Instansi, Tim RB Satuan Kerja, dan Agen Perubahan di lingkungan BKN,” tegas Imas.
Sejalan dengan hal tersebut, beberapa isu strategis yang akan menjadi prioritas untuk ditingkatkan pada tahun 2024 meliputi peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya kepada mitra pembina kepegawaian setiap Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah, serta masyarakat dan ASN di lingkungan BKN. “Melalui forum ini, kami berharap semangat kolaborasi dan sinergi para stakeholder internal BKN semakin kuat, erat, dan proaktif dalam mendukung upaya penguatan implementasi manajemen ASN yang semakin modern,” harap Imas.
Pada kesempatan yang sama, Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Madya, Eunike Prapti Lestari Krissetyanti dalam laporannya menyampaikan bahwa pembentukan agen perubahan pada setiap unit kerja di BKN diharapkan mampu mendukung akselerasi pelaksanaan RB di lingkungan BKN. Sehingga pelaksanaan RB dapat sesuai dengan rencana aksi roadmap RB BKN. Selain itu, Eunike juga berharap penyelenggaraan kegiatan Workshop Agen Perubahan dan Innovation Expo BKN 2024 ini dapat menginternalisasi dan meningkatkan kapasitas agen perubahan serta mendorong upaya transformasi, inovasi, dan adaptasi budaya kerja yang kolaboratif.
Dalam penyelenggaraan Workshop Agen Perubahan dan Innovation Expo BKN 2024 BKN, turut hadir 2 (dua) narasumber yaitu Manager of Corporate Culture PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Descha Prakoso Setiawan dan Chief Change Management Officer II Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Moch. Abdul Kobir yang memaparkan best practice agen perubahan di intansi masing-masing.
Dalam paparannya, Descha menjelaskan bagaimana transformasi yang terjadi di PT. KAI merupakan suatu proses perjalanan yang panjang. Perubahan dimulai pada era kepemimpinan Ignasius Jonan, di mana PT. KAI melakukan perubahan secara menyeluruh tidak hanya dari segi pelayanan jasa PT. KAI, melainkan juga mindset atau pola pikir sumber daya manusia yang diterapkan sampai saat ini.
Kobir melanjutkan dalam sesi pemaparannya tentang bagaimana proses transformasi yang terjadi di lingkungan Kemenkeu. Tahapan itu dimulai dengan melakukan analisis terkait pengelolaan perubahan, tantangan perubahan, hingga bagaimana peran pimpinan instansi dalam mendorong pegawai untuk melakukan perubahan di unit kerjanya
Penulis: sep
Editor: app