BKN Raih Nilai Indeks Implementasi NSPK Manajemen ASN Tahun 2021 dengan Kategori A
Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) berhasil meraih nilai indeks pelaksanaan implementasi Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021 dengan Kategori A. Terdapat 18 (delapan belas) elemen yang dinilai, meliputi: Penyusunan dan Penetapan Kebutuhan ASN; Pengadaan ASN; Pengangkatan ASN; Pangkat; Jabatan; Pola Karier; Pengembangan Karir ASN; Mutasi; Penilaian Kinerja; Penggajian, Tunjangan dan Fasilitas; Penghargaan; Disiplin; Cuti; Kode Etik; Pemberhentian; Jaminan Pensiun dan Hari Tua; Pensiun dan Perlindungan.
Terdapat 2 (dua) metode Wasdal yang dilakukan, yakni metode preventif dan metode represif. Metode preventif dilakukan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek), konsultasi, monitoring dan evaluasi melalui pemanfaatan sistem informasi Wasdal. Sementara metode represif dilakukan melalui audit manajemen ASN yang meliputi audit reguler dan audit investigatif.
Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BKN, Diah Kusuma Ismuwardani menyampaikan bahwa dengan penyampaian hasil nilai indeks yang dilakukan BKN melalui Kedeputian Bidang Pengawasan dan Pengendalian, BKN berkomitmen untuk melakukan perbaikan sesuai dengan catatan dan rekomendasi terhadap penilaian indeks implementasi NSPK Manajemen ASN Tahun 2021. “BKN juga akan terus proaktif meningkatkan sinergitas dan kolaborasi pada pelaksanaan manajemen ASN sesuai dengan target NSPK di Tahun 2022,” ungkap Diah.
Penyerahan hasil penilaian indeks NSPK manajemen ASN diserahkan oleh Direktur Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) II BKN, Myrna Amir kepada Kepala Biro SDM BKN, Diah Kusuma Ismuwardani pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Hasil Wasdal Implementasi NSPK Manajemen ASN Instansi Pusat di Wilayah Kerja Direktorat Wasdal II, Rabu (18/5/2022) di Jakarta.
Hasil Wasdal Implementasi NSPK Manajemen ASN melalui penilaian indeks NSPK yang disampaikan kepada instansi, menunjukkan tingkat penerapan NSPK manajemen ASN. Proses penilaian indeks NSPK yang dilakukan mulai dari mengumpulkan, memverifikasi dan mengevaluasi bukti – bukti dokumen yang dipersyaratkan dari semua elemen Manajemen ASN.
Terakhir, Diah juga menuturkan bahwa upaya BKN dalam melakukan peningkatan kualitas Pengawasan dan Pengendalian melalui indeks NSPK Manajemen ASN dapat menjadi alat pacu BKN dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik. nsp
Penulis : nsp
Editor : des