Kantor Regional X BKN Denpasar, Canangkan Pembangunan Zona Integritas Denpasar-Humas BKN
Denpasar – Humas BKN, Kantor Regional X BKN mempertegas komitmen dan tekad untuk meraih status Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi pada Tahun 2021 melalui pencanangan kembali pembangunan Zona Integritas yang diisi dengan penandatanganan Pakta Integritas dan deklarasi dukungan seluruh pegawai. Menurut Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Paulus Dwi Laksono Harjono, kepada Humas Kanreg X BKN Denpasar, Jum’at (8/1/2021), dua kegiatan ini penting dilakukan untuk mendapatkan komitmen dan dukungan dari seluruh pegawai untuk mewujudkan ZI WBK di Kantor Regional X BKN Denpasar. Kakanreg pun berharap kegiatan ini bukan hanya menjadi seremonial semata, namun dapat dimaknai dan diimplementasikan dalam pelaksanan tugas sehari-hari.
Tahun 2020 Kantor Regional belum berhasil meraih status Zona Integritas WBK. Untuk itu Kakanreg mengajak seluruh pegawai Kanreg X BKN untuk tidak berkecil hati, tapi menjadikan momentum ini sebagai waktu yang tepat untuk “Reborn” atau melahirkan semangat baru untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan meraih Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi. Sebagai bagian dari upaya perbaikan berkelanjutan Paulus mengungkapkan bahwa pada akhir tahun 2020 telah menetapkan motto dan budaya kerja Kantor Regional X BKN Denpasar. Moto Profesional, Unggul dan Bermartabat adalah cerminan semangat untuk mewujudkan visi Kantor Regional X BKN Denpasar. Sementara nilai-nilai Budaya Kerja yang meliputi; Integritas, Adaptif, Inovatif, Kolaboratif dan Melayani adalah cerminan cara dan upaya untuk menjalankan misi dalam rangka mewujudkan visi Profesional, Unggul dan Bermartabat.
Kakanreg berharap Budaya Kerja tersebut diketahui, dipahami, diresapi dan diimplementasikan dalam gerak langkah seluruh pegawai Kantor Regional X BKN Denpasar. “Integritas adalah fondasi terpenting kita, cara-cara yang lebih adaptif, inovatif dan kolaboratif adalah strategi kita, serta melayani kewajiban kita selaku aparatur negara,” ungkap Paulus.
Sebagai bentuk implementasi Budaya Kerja Adaptif dan Inovatif, pada acara yang dihadiri hampir seluruh pegawai tersebut juga diluncurkan layanan aplikasi lapor umum yang meliputi layanan ekspedisi persuratan, layanan pemeliharaan dan layanan peminjaman kendaraan. Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari I Nyoman Suartawan, staf di Bagian Tata Usaha. Selain itu akan dilakukan juga peluncuran layanan AKSI NSPK sebagai bentuk adaptasi dalam sosialisasi dan asistensi NSPK Manajemen ASN melalui pemanfaatan Media Sosial. AKSI NSPK tersebut merupakan aksi perubahan yang digagas Ketut Buana selaku peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2020.
Atas Peluncuran dua inovasi tersebut Paulus mengapresiasi upaya-upaya inovatif dan adaptif semacam ini yang bermanfaat dalam percepatan capaian Zona Integritas dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi seraya berharap dapat terus disempurnakan kedepannya. “Saya berharap seluruh pegawai dan terutama pranata komputer lebih aktif untuk melahirkan inovasi-inovasi untuk memudahkan layanan di Kantor Regional X BKN Denpasar terutama adaptasi layanan dimasa tatanan normal baru,” ungkapnya.
Selain kegiatan launching aplikasi dan layanan, pada kesempatan ini juga dilakukan pemilihan PNS Berprestasi Tahun 2020. Sebelumnya pada bulan Desember juga telah dilakukan pemilihan Pegawai Pemerintah Non-Pegawai Negeri (PPNPN) berprestasi. Kegiatan ini kembali diaktifkan dan diperluas sebagai upaya untuk membentuk agen-agen perubahan yang dapat menstimulus percepatan-percepatan capaian Zona Integritas dan juga Reformasi Birokrasi.
Dalam pemilihan ini terdapat lima orang kandidat terbaik dari masing-masing bidang dan bagian. Setelah melalui serangkaian pemilihan, akhirnya Septilia Septianingsih terpilih sebagai PNS Berprestasi Kantor Regional X BKN Denpasar Tahun 2020. Kakanreg berharap kelima orang PNS tersebut selanjutnya ditetapkan menjadi agen perubahan yang menjadi katalisator Reformasi Birokrasi di Kanreg X BKN Denpasar. Kakanreg juga menekankan bahwa pemilihan pegawai berprestasi ini sebagai bentuk penghargaan atas kinerja para pegawai seraya berharap kedepan semua pegawai dapat menunjukkan kinerja terbaiknya untuk peningkatan kualitas layanan Kantor Regional X BKN Denpasar.
Dalam acara bertajuk “Kanreg X Reborn” tersebut juga berisi sejumlah kegiatan di antaranya evaluasi kinerja Tahun 2020, Penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2021, Penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen dukungan pembangunan Zona Integritas, Peluncuran aplikasi layanan internal Lapor Umum, Peluncuran Layanan Sosialisasi dan Asistensi NSPK Kepegawaian berbasis Sosial Media (AKSI NSPK), dan pemilihan PNS berprestasi Kantor Regional X BKN Tahun 2020.
Kepala Kantor Regional berharap serangkaian kegiatan awal tahun ini menjadi bagian dari momentum lahirnya semangat baru seluruh jajaran Kantor Regional X BKN Denpasar di masa adaptasi kebiasaan baru. Semangat dan tekad bersama untuk menjunjung tinggi nilai integritas. Semangat untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru di era norma baru. Semangat untuk melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk peningkatan kinerja organisasi. Semangat untuk terus meningkatkan kerjasama dan kolaborasi yang sudah berjalan dengan baik selama ini. Dan pada akhirnya adalah semangat untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai peran masing-masing kepada stakeholders terkait. Untuk itu Kakanreg mengajak seluruh pegawai untuk terus bahu-membahu mewujudkan keunggulan positif dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini. Kakanreg yakin dengan semangat adaptif, inovatif dan kolaborasi yang berintegritas, Kantor Regional X BKN Denpasar dapat menunjukan keunggulan dalam pelayanan yang professional dan bermartabat.dep/KanregXBKNDenpasar