skip to Main Content

BKN Sampaikan Tiga Aksi pada Forum ASEAN: Budaya Pencegahan

Vientiane – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan 3 (tiga) aksi pada 7th Meeting of the ASEAN Working Group on the Culture of Prevention for a Peaceful, yang berlangsung di Vientiane, Lao DPR, Rabu (26/9/2024). Hal itu disampaikan Kepala Pusat Perencanaan Kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN, Mohammad Ridwan, selaku Delegasi Repubik Indonesia, di Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Ridwan melanjutkan, dalam kegiatan tersebut, BKN merupakan perwakilan dari Badan Sektor ASEAN Cooperation on Civil Service Matters (ACCSM) ACCSM adalah badan sektor sebagai lead Thrust 3: Promoting a Culture of Good Governance at All Levels. “1 (satu) dari 3 (tiga) aksi yang dilakukan ACCSM dalam rangka mencapai tujuan budaya pencegahan di lingkup ASEAN adalah dengan digelarnya ACCSM+3 Forum on Good Governance, yang mengusung tema “Merevolusi Sektor Publik: Kecerdasan Buatan untuk Tata Kelola yang Baik”, yang diselenggarakan di Brunei Darussalam pada Agustus 2024 yang lalu. Forum ini merupakan kegiatan 2 tahunan yang menjadi wadah berbagi dan belajar di antara negara-negara ACCSM dan negara Plus Tiga, yang mengusung berbagai tema yang relevan dengan tren terkini seputar pelayanan kepegawaian,” jelasnya.

Ridwan menambahkan, rencana aksi lainnya adalah mempromosikan tata kelola yang baik melalui peningkatan integritas dan etika. “Hasil yang diharapkan dari proyek ini adalah (1) meningkatkan layanan yang berdedikasi dan beretika di kawasan ASEAN; (2) menetapkan etika profesional; (3) lebih mematuhi nilai-nilai etika sektor publik inti yang berkomitmen pada tata kelola yang baik; dan (4) mengembangkan praktik dan proses administratif yang mempromosikan nilai-nilai etika dan integritas,” terangnya.

Pada rencana aksi terakhir, yakni Seminar Internasional, Ridwan mengatakan rencana aksi ini ditujukan untuk berbagi pengalaman tentang transformasi digital dalam layanan kepada masyarakat negara-negara ASEAN+3 pada tahun 2024. Program ini bertujuan untuk mempromosikan peran dan kreativitas ACCSM+3 dalam transformasi digital dalam bidang pelayanan kepada masyarakat untuk memecahkan masalah sosial nasional dan regional, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan berkontribusi pada keberhasilan implementasi visi ASEAN Socio Cultural Community (ASCC) 2025. “Rencana aksi ini juga menciptakan peluang untuk berbagi visi, pencapaian, dan pelajaran yang dipetik dari ACCSM+3 tentang transformasi digital dalam rangka pelayanan masyarakat, secara bertahap membangun dan menyempurnakan mekanisme kerja sama di bidang transformasi digital dan menerapkan transformasi digital dalam menjalin hubungan dengan lembaga terkait, mendiversifikasi organisasi program pertukaran, dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan dan undang-undang tentang pelayanan kepegawaian dalam kerangka ACCSM+3,” tutupnya.

Penulis: PokjaPusat-Pusat

Back To Top