skip to Main Content

Perkenalkan Riset NWoW di Sektor Publik, FISIP UGM Diskusi dengan BKN

Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerima kedatangan tim Peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Focus Group Discussion penyelarasan riset New Ways of Working (NWoW), Rabu 11/09/2024 bertempat di Kantor Pusat BKN Jakarta. Pada pertemuan tersebut, Indri Dwi Apriliyanti selaku Dosen dan Peneliti dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau FISIP UGM menyampaikan, NWoW sendiri merupakan riset yang merumuskan tentang cara kerja masa depan terutama pada organisasi ataupun institusi yang bekerja di sektor publik.

Terkait pemanfaatan riset terhadap cara kerja yang menyasar sektor publik ini, tim Peneliti dari UGM telah melakukan riset penelitian pada salah satu instansi pemerintah, yaitu Kementerian Keuangan Republik Indonesia. “Terdapat 4 (empat) urgensi penerapan NWoW bagi organisasi publik secara umum, di antaranya Business continuity (memastikan organisasi tetap berjalan di tengah perubahan); Talent acquisition and retention (mendapatkan dan mempertahankan talenta yang excellent); Expand labor market (talenta dapat berasal dari state apapun); dan Organizational ustainability (keberlanjutan organisasi dengan menciptakan sistem kerja yang lebih efisien, inklusif, dan berkelanjutan),” terang Indri lebih lanjut.

Menanggapi pemanfaatan riset dari tim UGM tersebut, Bima Haria Wibisana selaku Analis Kebijakan Ahli Utama BKN menyampaikan perlunya adanya kesesuaian model NWoW dengan kebijakan dan regulasi SDM yang berlaku saat ini. “Salah satunya, kita perlu melakukan SWOT analysis agar instrumen dalam perumusan dapat konsisten dan memberikan hasil yang maksimal,” imbuhnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa riset yang dipaparkan diharapkan dapat menjadi bahan diskusi lebih lanjut dan memperkaya referensi dalam rangka perumusan kebijakan yang dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan instansi maupun secara nasional.

Penulis: dit/sep
Foto: dit/sep
Editor: des

Back To Top