skip to Main Content

Proses Finalisasi Renstra BKN Periode 2025-2029

Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan pembahasan terkait penyampaian final hasil rancangan awal dan capability review untuk Rencana Strategis (Renstra) BKN periode 2025-2029, termasuk pembukaan penelaahan Pagu Anggaran untuk tahun anggaran 2025. Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah menyatakan bahwa Tim Penyusun Rencana Strategis BKN 2025-2029 bekerja sama dengan Tim CSGAR Ul telah melaksanakan Capability Review terhadap seluruh unit kerja di Lingkungan BKN.

“Pelaksanaan Capability Review bertujuan untuk mengukur kapasitas kelembagaan BKN serta memfasilitasi diskusi seputar kondisi masa depan organisasi yang dinginkan, menyoroti kekuatan dan mengidentifikasi kesenjangan kemampuan organisasi,” ungkapnya dalam rapat pembahasan terkait Renstra BKN 2025 – 2029 dan pagu anggaran 2025, Senin (19/8/2024) di kantor pusat BKN Jakarta.

Pembahasan ini menurutnya untuk meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran BKN terhadap RKAK/L yang telah disusun secara berjenjang dari level Satker maupun unit kerja, termasuk telaah dari Biro Perencanaan dan Organisasi serta direviu oleh APIP K/L atau Inspektorat sesuai ketentuan Peraturan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 62 Tahun 2023 tentang Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Serta Akuntansi dan Pelaporan Keuangan.

Di samping itu, Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan dalam penyampaian hasil rancangan awal rencana strategis BKN Tahun 2025 – 2029 ini mengajak seluruh peserta untuk berpikir kreatif, inovatif, dan solutif. “Mari kita satukan tekad dan komitmen untuk mempersiapkan rencana strategis yang komprehensif, terukur, dan akuntabel,” imbuhnya. Ia juga mengatakan bahwa tahun depan merupakan tahun pertama BKN melaksanakan penyusunan RKA-K/L sesuai dengan Renstra K/L yang baru.

Menurutnya ini merupakan momentum penting bagi BKN untuk memulai babak baru dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan untuk mencapai tujuan-tujuan strategis yang telah ditetapkan. Pembahasan mengenai Renstra BKN ini juga menghadirkan narasumber seperti Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Prof. Eko Prasojo dan Tim Center for Study of Governance and Administrative Reform – Universitas Indonesia (CSGAR-UI).

Penulis: lev
Foto: end
Editor: des

Back To Top