skip to Main Content

BKN Evaluasi Layanan Mutasi Kepegawaian di Instansi Wilayah Jawa Timur

Surabaya – Humas BKN, Pelayanan mutasi kepegawaian sebagai salah satu tugas utama BKN dalam pengelolaan manajemen ASN terus berupaya memperbaharui kinerja layanannya terutama untuk mempercepat layanan mutasi seperti penetapan NIP, Kenaikan Pangkat (KP), hingga layanan pensiun. Pada tahun ini misalnya, implementasi Kenaikan Pangkat 6 (enam) periodisasi sudah diberlakukan untuk mengakomodir usulan yang sebelumnya terbatas hanya 2 (dua) periode saja.

“BKN diberikan kewenangan oleh Undang-Undang untuk mengelola manajemen ASN. Untuk itu, kami memiliki tanggung jawab moral dalam melaksanakan pembinaan kepegawaian sebaik mungkin. Berkenaan dengan hal itu pula, BKN terus berupaya membuat sejumlah perubahan yang lebih baik. Salah satunya selain menambah periodisasi Kenaikan Pangkat misalnya, BKN juga memangkas alur proses penetapan Pertek menjadi 1 (satu) hari kerja sejak diterima secara lengkap,” terang Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto di tengah Rapat Koordinasi Teknis atau Rakornis Layanan Mutasi yang digelar Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN, Selasa (13/8/2024) di Surabaya.

Setelah sebelumnya diadakan bagi pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kantor Regional (Kanreg) XIII BKN Aceh, kini giliran Kanreg II BKN Surabaya menjadi tuan rumah gelaran Rakornis. Hal ini bertujuan menyasar pengelola kepegawaian ASN di wilayah kerja Kanreg II BKN Surabaya, khususnya dalam penyelesaian permasalahan mutasi Kepegawaian di wilayahnya.

Di samping itu, Kepala Kanreg II BKN Surabaya A. Darmuji selaku perpanjangan tangan layanan BKN di wilayah Jawa Timur sekitarnya mengungkapkan, kunci keberhasilan layanan mutasi kepegawaian salah satunya dengan kolaborasi bersama BKD/BKPP/BKPSDM/BKPSDA se-wilayah kerja Kanreg II BKN. “Kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi kita semua untuk berkoordinasi dan bersinergi dalam menghadapi tantangan dan mencari solusi atas permasalahan kepegawaian khususnya di bidang mutasi,” imbuhnya.

Rakornis yang diikuti oleh sebanyak 39 Kabupaten/Kota/Provinsi di wilayah kerja Kanreg II BKN Surabaya ini juga diiringi dengan pemberian apresisasi atas kinerja layanan mutasi di wilayahnya, dalam hal ini Kenaikan Pangkat. Sebanyak 6 (enam) instansi menerima penghargaan dari Kanreg II BKN, yaitu 3 (tiga) instansi terbaik kategori Manajemen Kenaikan Pangkat dan 3 (tiga) instansi terbaik kategori Realisasi Surat Keputusan Kenaikan Pangkat.

Pembahasan diakhiri dengan diskusi panel yang menghadirkan sejumlah pejabat BKN di bidang teknis kepegawaian, di antaranya Direktur Pengadaan dan Kepangkatan, Direktur Pensiun PNS dan Pejabat Negara, Direktur Status dan Kedudukan Kepegawaian, dan Kepala Pusat Perencanaan Kebutuhan ASN.

Penulis: Cup/Kis
Foto/Ilustrasi: Kis
Editor: des

Back To Top