skip to Main Content

BKN Raih Penghargaan Proaktif dari LKPP

Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) meraih penghargaan atas tercapainya Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) level 3 (Proaktif) pada penyelenggaraan Rapat Koordinasi UKPBJ Tahun 2024 oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Utama LKPP, Iwan Herniawan kepada Kepala Biro Umum BKN, Nanang Subandi, di ruang Roestam Sjarief, Kantor LKPP, pada Kamis (04/07/2024). BKN termasuk dalam 24 (dua puluh empat) instansi pada Sistem Informasi Model Kematangan UKPBJ (SIMKU) yang meraih kematangan UKPBJ Level 3, dengan tingkat “Proaktif”, dari 82 (delapan puluh dua) UKPBJ.

Capaian kematangan UKPBJ BKN dengan tingkat Proaktif ini didasari oleh terpenuhnya syarat kelengkapan pada 9 (Sembilan) variabel meliputi manajemen pengadaan, manajemen penyedia, manajemen kinerja, manajemen risiko, pengorganisasian, tugas/fungsi, perecanaan, pengembangan, dan sistem informasi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama LKPP, Iwan Herniawan menyampaikan UKPBJ sebagai pilar telah diamanatkan untuk mencapai kematangan tingkat Proaktif. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. BKN, selaku Lembaga yang sudah mencapai kematangan tingkat “Proaktif”, diharapkan dapat menjadi pusat layanan unggulan barang/jasa.

Sejalan dengan hal tersebut, BKN terus akan meningkatkan level kematangan UKPBJ Level 3 (Proaktif) untuk dapat menjadi Pusat Keunggulan Pengadaan Barang/Jasa (PKP-BJ) Proaktif, yakni unit kerja yang memiliki karakter strategis, kolaboratif, berorientasi pada kerja, proaktif, dan mampu melakukan perbaikan berkelanjuutan sehingga merupakan pendorong dalam penciptaan nilai tambah dan manfaat dalam kegiatan pengadaan barang/jasa.

Penulis/Foto: sep
Editor: app

Back To Top