skip to Main Content

Tunjang Kompetensi Pegawai di Kancah Internasional, BKN Sosialisasikan Hasil Penugasan Kerja Sama Luar Negeri

Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama (BHHK) menyelenggarakan Ekspose Hasil Penugasan Program Kerja Sama Luar Negeri secara daring pada Selasa-Rabu (2-3/07/2024). Ekspose merupakan salah satu bentuk monitoring dan evaluasi penugasan pejabat/pegawai BKN baik secara luring maupun daring melalui keikutsertaan pada workshop, seminar, pelatihan, konferensi, rapat, studi banding, ataupun beasiswa pasca sarjana untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi di kancah internasional. Pada semester pertama tahun 2024 terdapat 14 (empat belas) program penugasan yang terlaksana, 2 (dua) program pada tahun 2023 dan 12 (dua belas) program pada tahun 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala BHHK, Vino Dita Tama.

Sementara itu, Sekretaris Utama BKN, Imas Sukmariah dalam sambutannya menyatakan bahwa pejabat/pegawai ASN yang mendapat penugasan program kerja sama luar negeri diwajibkan untuk berbagi dan menyebarkan ilmu serta pengalaman yang diperoleh kepada calon peserta penugasan yang akan datang sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas pegawai Kantor Pusat, Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN, dan Kantor Regional BKN yang ikut mempengaruhi nilai indeks profesionalitas ASN dan rekomendasi kebijakan yang ada di BKN.

“Program kerja sama luar negeri merupakan salah satu aspek penting dalam sektor publik dimana pejabat/pegawai dapat mengidentifikasi risiko dan tantangan yang muncul sehingga memperkaya pengetahuan, budaya, dan hal penting di berbagai bidang yang dapat diimplementasikan terkait pelaksanaan tugas di BKN,” tambah Imas.

Pada kegiatan yang sama moderator acara, Dewi Sartika yang merupakan Kepala Bagian Hukum dan Kerja Sama pada akhir acara menyampaikan bahwa hasil rekomendasi kebijakan yang dipaparkan para narasumber akan diteruskan kepada para pimpinan melalui Biro Sumber Daya Manusia BKN guna memastikan bahwa pengalaman penugasan luar negeri dapat berkontribusi pada pembuatan kebijakan dan action plan BKN ke depan.

Penulis: dit
Editor: tls/ds

Back To Top