skip to Main Content

BKN Raih Predikat Sangat Baik pada Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN Tahun 2024

Jakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) berdasarkan hasil penilaian dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mendapatkan nilai sistem merit sebesar 380 (tiga ratus delapan puluh) dan masuk dalam kategori IV dengan predikat Sangat Baik dengan indeks sistem merit 0,93 (nol koma sembilan tiga). Nilai tersebut didapat dari hasil kerjasama antar unit kerja dengan Biro Sumber Daya Manusia dalam memenuhi dokumen penilaian aspek penerapan sistem merit yang dibutuhkan sehingga terdapat peningkatan dari penilaian tahun sebelumnya. Hal tersembut disampaikan oleh Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto dalam sambutannya pada acara Penyerahan Penetapan Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Lingkungan BKN Tahun 2024 oleh KASN pada Jum’at (07/06/2024) bertempat di Aula Kantor BKN Pusat Jakarta.

Penyerahan Surat Keputusan dan Piagam Penghargaan diserahkan kepada Plt. Kepala BKN oleh Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto didampingi Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I, Sri Hadiati Wara Kustriani dan Asisten Komisioner KASN 3 Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 1, Iwan Agustiawan Fuad.

Sekretaris Utama BKN, Imas Sukmariah menerangkan bahwa banyak hal yang sudah dilakukan oleh BKN dalam mengimplementasikan aspek-aspek yang dinilai pada penerapan sistem merit dalam manajemen ASN, yaitu 1. Perencanaan Kebutuhan; 2. Pengadaan; 3. Pengembangan Karier; 4. Promosi dan Mutasi; 5. Manajemen Kinerja; 6. Penggajian, Penghargaan dan Disiplin; 7. Perlindungan dan Pelayanan; dan 8. Sistem Informasi.

Dalam acara yang sama Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto memaparkan bahwa pada hakikatnya penerapan sistem merit sama seperti bagaiamana kita menempatkan orang yang tepat pada poisisi yang tepat pada organisasi. Masih banyak instansi pemerintah yang belum mengerti penerapan sistem merit dalam manajemen ASN sehingga dibutuhkan komitmen yang tinggi, serius, konsisten, dan berkelanjutan dalam mengurus menata negara ini.

Haryomo berpesan bahwa butuh upaya lebih bagi BKN untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penerapan merit sistem dalam manajemen ASN terutama terhadap 2 hal yang perlu menjadi perhatian yaitu terkait manajemen karier serta mutasi dan promosi.

Penulis: dit
Foto: app/khal

Back To Top