skip to Main Content

FGD Evaluasi Profil Risiko, Upaya BKN Meningkatkan Skor Manajemen Risiko Indeks

Jakarta – Humas BKN, Inspektorat Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai penyelenggara manajemen risiko mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Profil Risiko tahun 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen risiko di lingkungan BKN dan memastikan setiap unit kerja mampu mengidentifikasi dan mengelola risiko dengan efektif. FGD diselenggarakan tanggal 14-22 Mei 2024 dengan dihadiri oleh Tim Unit Pemilik Risiko di lingkungan JPT Madya dan Pratama Kantor Pusat BKN secara  hybrid.

Sekretaris Utama BKN, Imas Sukmariah, dalam sambutannya menyampaikan arahan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait saran perbaikan untuk mencapai peningkatan maturitas manajemen risiko ke tahap berikutnya. “Kami berharap para pemilik risiko di BKN dapat menjalankan 3 hal penting yaitu; (1) Menerapkan manajemen risiko terhadap semua kemitraan yang memiliki peran penting dalam organisasi, (2) Menyusun tindak pengendalian secara efektif untuk menurunkan seluruh risiko operasional unit kerja dan risiko strategis unit kerja, serta yang terakhir (3) Menerapkan manajemen risiko yang menyatu atau menjadi pertimbangan dalam proses perencanaan dan proses bisnis dengan memasukkan rencana mitigasi risiko dalam Prosedur Operasional Standar (POS),” pesan Imas. Imas juga berpesan agar BKN dapat mengidentifikasi dengan cepat risiko yang sudah terjadi dengan menggunakan alat ukur dan juga metode yang sesuai dengan strategi dalam proses bisnis BKN.

Inspektur BKN, Dedi Herdi menyatakan bahwa FGD ini merupakan salah satu wujud komitmen Inspektorat dalam menjalankan tugas sebagai Unit Pengawas Kepatuhan Manajemen Risiko. Dalam laporannya, Dedi menyampaikan hasil validasi Penilaian Baseline tingkat Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi yang dinilai oleh BPKP pada tahun 2023. Di mana Tingkat Maturitas Manajamen Risiko Indeks (MRI) BKN tahun 2023 mendapatkan sebesar 3,206. Skor MRI BKN mengalami peningkatan skor sebesar 0,356 dibandingkan tahun 2021 sebesar 2,850.

FGD ini diselenggarakan bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi sadar risiko dan komitmen pemilik risiko dalam menindaklanjuti hasil evaluasi penyusunan profil risiko Tahun 2023 yang telah dilakukan oleh Auditor. Penyelenggaraan FGD ini diharapkan dapat meningkatkan skor MRI di lingkungan BKN.

Penulis/Foto: lv/end
Editor: app

Back To Top