skip to Main Content

Jelang Seleksi CASN 2023, BKN Gelar FGD Persiapan Sarpras BMN & PJB

Bandung – Humas BKN, Mendekati pelaksanaan seleksi Seleksi Nasional Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah mengingatkan penyediaan pengadaan sarana prasarana (sarpras) jelang seleksi. “Ada beberapa kegiatan besar yang akan diselenggarakan oleh BKN, salah satunya seleksi CASN 2023 dan untuk seleksi tahun 2023 ini pengadaan sarana prasarana dilakukan melalui e-katalog.

Dalam persiapan sarpras seleksi CASN yang akan berlangsung dalam waktu dekat diperlukan pemahanan bersama agar pelaksanaan seleksi ini dapat berjalan lancar,” terangnya dalam laporannya di pembukaan acara Forum Group Discussion Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) di Bandung, Kamis lalu (14/9/23). 

Imas menjelaskan bahwa pengadaan saran prasarana melalui e-katalog ini berbeda dari tahun sebelumnya di mana pengadaan dilaksanakan melalui tender. Oleh karena itu, tujuan pelaksanaan FGD ini untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman para pengelola barang milik negara dan pejabat pengadaan barang jasa di lingkungan BKN serta seluruh Kantor Regional BKN serta Pusbang ASN. “Perubahan dan tuntutan pengelolaan BMN semakin kompleks sehingga menutut para pengola BMN lebih teliti dan inovatif. Maka ada beberapa isu yang akan di diskusikan pada FGD ini,” ungkap Imas Sukmariah.

Senada dengan Imas, Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto juga menegaskan dalam sambutannya bahwa para pejabat yang diamanahi mengelola BMN dan PBJ harus terus berinovasi. “Inovasi tidak harus aplikasi, tetapi mempercepat proses pengadaan barang dan jasa serta menertibkan pengelolaan BMN itu lebih penting sehingga berdampak pada organisasi,” pungkasnya. Haryomo juga menyampaikan bahwa ada 2 (dua) hal penting yang diperlukan oleh para pejabat pengadaan dan pengelola BMN, yakni kompetensi dan pengalaman. 

Kegiatan FGD ini diselenggarakan oleh Biro Umum BKN dan dihadiri oleh 85 peserta yang terdiri dari 51 orang dari BKN Pusat, 30 orang dari Kantor Regional BKN seluruh Indonesia, 1 orang dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan 1 orang dari Pemerintah Kota Bandung. Kegiatan ini sendiri telah dilaksanakan selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (14-16/9/23) berpusat di Hotel Aston Pasteur. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Penulis: Kanreg3Bandung/Tas
Editor: des

Back To Top